> LUTH MURSALINO'S BLOG: ILMU SOSIAL DASAR

Sabtu, 25 September 2010

ILMU SOSIAL DASAR

PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR




    Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah.
    ilmu yang mempelajari masalah-masalah sosial dari cabang ilmu pengetahuan lain, misalnya.

  • Ekonomi

  • Sosiologi

  • Antropologi

  • Psikologi Sosial

  • Geografi Sosial

  • Sejarah



Tujuan ISD yaitu.
Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.

Peka Terhadap masalah-masalah sosial dan cepat tanggap untuk ikut serta dalam upaya menanggulanginya.

Contohnya :Jika ada masalah dalam lingkungan hendaknya kita tidak hanya berdiam diri tapi ikut berpartisipasi dalam mengatasi masalah tersebut

Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat bersifat kompleks dan hanya dapat didekati dengan pendekatan Kritis-Interdisipliner(menyadari tidak dari satu displin ilmu)

Contohnya: Jika kita ingin membuat pabrik, tidak mungkin hanya menggunakan seorang ahli mekanik tapi membutuhkan juga ahli lain seperti teknik, ekonomi, jaringan dan lain-lain.

menyadari jalan pikiran para ahli dibidang ilmu pengetahuan yang lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka & dalam rangka menanggulangi masalah yang ada dalam masyarakat.

Contohnya: Jika kita sakit lalu ke dokter, kita berkata kepada dokter gejala yang kita alami baru dokter mengerti apa yang kita alami dan menjelaskan ke pasien apa yg dialami.



ISD bukan ilmu pengetahuan yang merupakan perpaduan dari ilmu pengetahuan lain. Ilmu sosial dasar tidak mempunyai objek dan metode ilmiah tersendiri serta tidak menegembangkan suatu pengkajian dan penelitian sebagaimana ilmu pengetahuan lainnya. ISD berfungsi untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial kebudayaan agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial budaya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungannya menjadi lebih besar.




RUANG LINGKUP ISD




Yang dimaksud ruang lingkup dalam ISD yaitu ruang lingkup yang mencangkup kehidupan sosial dan masyarakat. Misalnya berbagai macam kegiatan sosial dalam masyarakat juga masalah yang timbul dalam masyarakat serta berbagai hal mengenai kanyataan sosial dan masyarakat.


    Ruang lingkup dalam ISD mencakup:
  • Individu

  • Keluarga

  • Masyarakat

  • Kebudayaan



Hubungan antara individu dan keluarga.
Individu adalah perseorangan yang dibentuk dalam tiga aspek yaitu jasmani, rohani, dan sosial. Individu tersebut menjalani sejumlah bentuk sosialisasi. Sosialisasi inilah yang membantu individu mengembangkan ketiga aspeknya tersebut. Salah satu bentuk sosialisasi adalah pola pengasuhan anak di dalam keluarga. Karena fungsi keluarga adalah sebagai media transmisi atas nilai, norma dan simbol yang dianut masyarakat kepada anggotanya yang baru.



Hubungan antara masyarakat dan kebudayaan.
Masyarakat adalah sekumpulan individu yang mengadakan kesepakatan bersama untuk secara bersama-sama mengelola kehidupan. Individu-individu dalam masyarakat memutuskan untuk hidup bersama dengan alasan biologis, psikologis, dan sosial.Pembentukan kehidupan bersama itu sendiri melalui beberapa tahapan yaitu interaksi, adaptasi, pengorganisasian tingkah laku, dan terbentuknya perasaan kelompok. Setelah melewati tahapan tersebut, maka terbentuklah apa yang dinamakan masyarakat yang bentuknya antara lain adalah masyarakat pemburu dan peramu, peternak, holtikultura, petani, dan industri. Di dalam tubuh masyarakat itu sendiri terdapat unsur-unsur persekutuan sosial, pengendalian sosial, media sosial, dan ukuran sosial. Semua yang menjadi kesepakatan dalam masyarakat adalah kebudayaan. kebudayaannya adalah sebagai suatu sistem sosial yang terdiri dari serangkaian tindakan yang berpola yang bertujuan untuk memenuhi keperluan hidup.



Hubungan antara individu, keluarga, masyarakat, dan kebudayaan.
Apek-aspek tersebut sangat berkaitan erat dan sulit dipisahkan. Contohnya jika tidak ada individu maka tidak ada keluarga, masyrakat dan kebudayaan. Sementara di pihak lain untuk mengembangkan eksistensinya sebagai manusia, maka individu membutuhkan keluarga dan masyarakat, yaitu media di mana individu dapat mengekspresikan aspek sosialnya. Di samping itu, individu juga membutuhkan kebudayaan yakni wahana bagi individu untuk mengembangkan dan mencapai potensinya sebagai manusia.



PERAN ISD SETELAH LULUS KULIAH



Peran Ilmu Sosial Dasar sangat penting setelah kita lulus kuliah. Karena ISD adalah dasar bagaimana kita bersosialisai terhadap lingkungan dan masyarakat. Kita jadi paham dan sadar adanya masalah sosial dalam masyarakat. Dan peka terhadap masalah tersebut dan cepat tanggap utuk ikut serta dalam menanggulanginya dengan cara pendekatan kritis-interdispliner. Kita juga lebih bisa mendengar tanggapan para ahli di bidang ilmu pengetahuan yang lain afar masalah yang ada didalam masyarakat dapat ditanggulangi bersama.


SUMBER:
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/ilmu-sosial-dasar-16/
http://massofa.wordpress.com/2008/01/22/ilmu-sosial-dasar-bag-1/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~DILARANG POSTING BERBAU SARA~