> LUTH MURSALINO'S BLOG: PEMANFAATAN MULTIMEDIA DAN BASIS DATA DALAM SUATU SISTEM INFORMASI

Selasa, 26 Oktober 2010

PEMANFAATAN MULTIMEDIA DAN BASIS DATA DALAM SUATU SISTEM INFORMASI

Manfaat Multimedia Dalam Suatu Sistem Informasi



Yang dimaksud dengan multimedia yaitu menyampaikan informasi berupa text, animasi, video, audio, atau gambar.

Multimedia sangat bermanfaat diantaranya pada bidang sistem informasi. Contohnya pada penjualan barang online. Dengan multimedia yang menarik, pembeli tertarik untuk melihat-lihat dan membeli barang tersebut hingga 24 jam. Disamping lebih efisien juga pembeli bisa melihat informasi tentang barang tersebut, sehingga pembeli tidak ragu untuk membeli barang tersebut. Manfaat lainnya bisa pada iklan di televisi. Iklan tersebut harus ditampilkan semenarik mungkin agar penonton tertarik, misalnya dengan animasi 3D. Peran multimedia sangat penting dalam hal itu.



Manfaat Basis Data Dalam Sistem Informasi



Yang dimaksud dengan basis data adalah kumpulan file-file yang saling terkait atau berhubingan.

Basis data sangat bermanfaat pada sistem informasi, contohnya:

Kecepatan dan kemudahan (speed)
Dengan menggunakan basis data pengambilan informasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Basis data memiliki kemampuan dalam mengelompokkan, mengurutkan bahkan perhitugnan dengan matematika. Dengan perancangan yang benar, maka penyajian informasi akan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah
Efisisensi ruang penyimpanan (space)

Dengan pemakaian bersama, kita tidak perlu menyediakan tempat penyimpanan diberbagai temat, tetapi cukup satu saja sehingga ini akan menghemat ruang penyimpanan yang dimiliki oleh sebuah organisasi. Dengan teknik perancangan basis data yang benar, kita akan dapat menyederhanakan penyimpanan sehingga tidak semua data harus disimpan. Misalnya ada data pengambilan matakuliah oleh mahasiswa, dimana yang dicatat adalah : Nim, Nama, Jurusan, Alamat, Kode, NamaMatkul dan Sks

Kebebasan Data ( Data Independence)
Jika sebuah program telah selesai dibuat, dan ternyata ada perubahan isi/struktur data. Maka dengan basis data, perubahan ini hanya perlu dilakukan pada level DBMS tanpa harus membongkar kembali program aplikasinya.

User view
Basis data menyediakan pandangan yang berbeda-beda untuk tiap-tiap pengguna. Misalnya kita memiliki data-data dari perusahaan yang bergerak di bidang retail. Data yang ada berupa data barang, penjualan dan pembelian. Ada beberapa jenis pengguna yang memerlukan informasi terkait dengan data perusahaan tersebut. Mereka adalah pelanggan, kasir, bagian gudang, bagian akuntansi dan juga manajer. Tidak semua data boleh diakses oleh semua pengguna. Misalnya kasir, dia hanya berhak untuk melihat informasi nama barang dan harga jualnya. Sementara itu dia berhak untuk memasukkan data penjualan. Berbeda dengan pelanggan yang hanya boleh melihat data keberadaan barang dan harga jual tetapi tidak berhak memasukkan atau merubah data. Sementara itu bagian akuntansi berhak melihat harga beli dan harga jual dari setiap barang, bahkan berhak melihat keuntungan dari tiap-tiap barang untuk menganalisis data akuntansinya.

Kebebasan Data ( Data Independence)
Jika sebuah program telah selesai dibuat, dan ternyata ada perubahan isi/struktur data. Maka dengan basis data, perubahan ini hanya perlu dilakukan pada level DBMS tanpa harus membongkar kembali program aplikasinya.

Kemudahan dalam pembuatan program aplikasi baru
Penggunaan basis data merupakan bagian dari perkembangan teknologi. Dengan adanya basis data pembuatan aplikasi bisa memanfaatkan kemampuan dari DBMS, sehingga pembuat aplikasi tidak perlu mengurusi penyimpanan data tetapi cukup mengatur interface untuk penguna.

Keakuratan (accuracy)
Penerapan secara ketat aturan tipe data, domain data, keunikan data, hubungan antar data, dll. Dapat menekan ketidakakuratan dalam pemasukan/penyimpanan data.

Pemusatan kontrol data
Karena cukup dengan satu basis data untuk banyak keperluan, pengontrolan terhadap data juga cukup dilakukan di satu tempat saja. Jika ada perubahan data alamat mahasiswa misalnya, maka tidak perlu kita mengupdate semua data di masing-masing bagian tetapi cukup hanya di satu basis data.

KELOMPOK:
MAULANA RIZKY SAPUTRA (14110273)
LUTH MURSALINO (14110108)
SANDHI MUHAMMAD MUNAJAT (16110347)
DENNY RAMDHAN (11110801)
DIMAS ARIA FALEMBANGAN (12110024)
FRANS SETIAWAN (12110871)
KEVIN DENIANRI (13110870)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~DILARANG POSTING BERBAU SARA~