> LUTH MURSALINO'S BLOG: SISTEM BASIS DATA

Senin, 18 Oktober 2010

SISTEM BASIS DATA



Pengelola manajemen adalah pengguna atau user yang menggunakan basis data.

Operating System adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Data Base Management System (DBMS) adalah sistem untuk memudahkan pengelola data untuk mengelola basis data untuk mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis berkas.

Aplikasi program adalah aplikasi pada komputer yang dibuat untuk tujuan tertentu dengan bahasa pemrograman seperti script VBasic atau SQL dan sejenisnya.

Sistem Biometrika adalah teknologi pengenalan diri dengan menggunakan bagian tubuh atau perilaku manusia.


Contoh biometrik yaitu:

  1. Fingerprint Verification, adalah produk dari biomatriks yang paling dikenal. Produk scanning Sidik jari adalah jenis yang paling umum. Sebagai mana yang telah diterapkan, Sidik jari menawarkan potensial keakuratan yang tinggi. Namun ada beberapa permasahan potensial yang dapat muncul, misalnya ada luka atau kotoran pada jari dan hal ini menyebabkan tidak dapat dikenalinya Sidik jari tersebut. Beberapa scanner Sidik jari akan menscan denyut nadi sepertihalnya jari.


  2. Hand geometry, adalah salah satu metoda pembuktian dan biasanya menawarkan kinerja, mudah untuk digunakan, dan perhitungan yang baik. Hand geometry secara luas digunakan untuk kendali akses fisik dan sistem waktu/ kehadiran.


  3. Voice Recognition mungkin metode yang paling diinginkan pemakai karena semua orang ingin berbicara dengan computer. Dalam prakteknya, penerapan voice recognition sangat sulit. Kemajuan terbaru dalam pengenalan suara sudah sangat meningkat termasuk teknologi ini, dan ini masih subjek permasalahan. Akuistik lokal, suara latar, kualitas mikropon, pilek/ flu, dan kemarahan semua ini bisa mengubah suara manusia sehingga membuat/ mempengaruhi pengenalan suara sulit atau mustahil untuk dideteksi keabsahannya. Lebih lanjut, sistem voice recognition cenderung memakan waktu dan prosesnya sangat sulit dan memerlukan banyak ruang untuk penyimpanan.


  4. Retinal Scanning, menyediakan keakuratan yang tinggi. Pola retinal adalah ciri khusus yang sangat tinggi. Setiap mata mempunyai pola pembuluh darah yang unik; bahkan mata yang identik kembar juga berbeda. Walaupun masing-masing pola secara normal dapat terpengaruh oleh karena suatu penyakit seperti glaukoma, kencing manis, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.


  5. Iris Scanning, mengatasi dari permasalahan scanner retina. Karena iris (yang diwarnai bagian dari mata) adalah kelihatan dari jauh, kontak langsung dengan scanner tidak diperlukan dan tidak harus melepaskan kacamata. Teknologi bekerja dengan scanning pola acak yang unik dari iris. Yang menarik dari metoda ini adalah tidak mengandalkan pada warna iris (kamera yang digunakan adalah hitam dan putih). Ini adalah penting oleh karena popularitas dari lensa kontak warna—beberapa penjual mengakui sistem mereka akan bekerja dengan kontak warna dan bahkan melalui kacamata hitam yang tidak memantulkan cahaya.
    Signature Verification, memiliki sinergi teknologi lain bukan karena digunakan oleh orang-orang untuk menandatangani berbagai hal. Tandatangan diperlakukan sebagai satu rangkaian pergerakan yang berisi data biometrik yang unik, seperti irama pribadi, akselerasi, dan arus tekanan.


  6. Facial Recognition, adalah salah satu metoda biometrik yang paling baru. Teknologi ini telah menarik banyak perhatian. Kemajuan berlanjut untuk dibuat dengan teknologi muda ini, tetapi sampai saat ini sistem facial recognition pasti mempunyai batas kesuksesan yang terbatas dalam aplikasi praktis.


Penerapan basis data pada sistem biometrik yaitu dapat menyimpan informasi setelah mengidentifikasikan seseorang. Sehingga ketika seseorang itu melakukan identifikasi menggunakan sistem biometrik misalnya Sistem Absensi sidik jari, yang dapat mencatat jumlah jam efektif karyawan untuk perhitungan gaji dsb.



KELOMPOK:
MAULANA RIZKY SAPUTRA (14110273)
LUTH MURSALINO (14110108)
SANDHI MUHAMMAD MUNAJAT (16110347)
DENNY RAMDHAN (11110801)
DIMAS ARIA FALEMBANGAN (12110024)
FRANS SETIAWAN (12110871)
KEVIN DENIANRI (13110870)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~DILARANG POSTING BERBAU SARA~